Cara Mematikan Update Otomatis pada Windows 10

Malam sob, melanjutkan niat yang kemaren malam dan sekarang sudah ketemu malam lagi, kebetulan admin sudah kelar dalam urusan dunia nyatanya, sekarang mau lanjut posting sebuah tip atau trik atau cara untuk mematikan windows update pada windows 10. Banyak teman yang mengeluh tentang sistem update pada windows 10 yang sering kali selalu berjalan di background tanpa sepengetahuan si pengguna. Mereka selalu mengeluh tiba-tiba quota habis lah, internet menjadi lemot lah ini lah itu lah dan banyak sekali keluhannya tentang sistem update di windows 10 ini.

Maka dari itu admin share sebuah cara agar windows 10 ini tidak melakukan update secara otomatis bahkan di disable permanen dan windows 10 sobat nantinya akan bebas dari update. Yuk kita simak langkah-langkahnya.

Disini ada 2 cara untuk mematika sistem update pada windows 10
  1. Cara yang pertama yaitu menggunakan group policy agar windows tidak mendownload update
  2. Cara yang kedua mematikan sepenuhnya update di windows 10 menggunakan service.msc.

Cara yang pertama yaitu menggunakan Group Policy agar windows tidak mendownload update

Langkah pertama buka Group Policy Editor, caranya ketik Edit Group Policy pada pencarian di windows sobat, atau cara yang lebih mudahnya sobat tinggal menggunakan Run dengan menekan tombol Windows+R lalu ketikkan gpedit.msc lalu tekan enter.

gpedit.msc

Selanjutnya kita masuk ke policy berikut ini:
Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > Windows Update

Configure Automatic Updates

Selanjutnya double klik pada Configure Automatic Updates untuk membuka pengaturan policy tersebut. Pilih Enabled dan pada bagian Configure Automatic Updating pilih opsi kedua dengan label Notify for download and notify for install. Jangan ubah pengaturan selain pengaturan kedua tersebut.

Notify for download and notify for install

Selanjutnya kita tinggal Apply saja, sudah admin jelaskan bahwa cara seperti ini tidak akan mematikan windows update sepenuhnya, namun ketika windows menemukan pembaruan, maka windows akan secara otomatis memberitahu sobat semua. Sobat bisa menginstall atau mengabaikan notifikasi atau pembaruan tersebut.

Cara yang kedua Mematikan Sepenuhnya Update di Windows 10 Menggunakan service.msc

Pada cara yang kedua ini adalah cara yang paling manjur untuk mematikan update di Windows 10. Pada cara kedua ini sistem akan mematikan layanan yang bertanggung jawab untuk mengecek, mendownload, dan menginstall pembaruan termasuk pembaruan Windows Defender.

Langkah pertama yang harus sobat lakukan yaitu, ketik services pada start atau bilah pencarian di taskbar, lalu tekan Enter. Bisa juga sobat menggunakan fasilitas Run dan ketik services.msc lalu tekan Enter. Kali ini admin mencoba menggunakan pencarian melalui fasilitas pencarian di taskbar.

services.msc

Selanjutnya cari sebuah layanan dengan nama Windows Updates. Klik kanan dan Properties untuk membuka jendela pengaturan Windows Updates.

Windows update service

Sobat tinggal ubah pengaturan ke Disabled lalu Apply dan restart PC atau Laptop sobat.

Disable windows update

Pada saat ini Windows sobat akan terhindar dari update otomatis, dan jangan taku lagi dengan kehabisan quota.

Cukup sampai sini dulu sob, karena waktu sudah larut malam dan admin harus melakukan aktifitas yang lainnya. Semoga postingan ini membantu sobat yang mengeluh tentang update windows dan semoga postingan ini bermanfaat bagi semua. Jika sobat kesulitan bisa langsung hubungi admin atau kasih komentari di bawah postingan ini. Selamat malam menjelang pagi :D

0 Response to "Cara Mematikan Update Otomatis pada Windows 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel