Pengertian Jaringan Komputer


Jaringan Komputer
Menurut definisi, yang dimaksud dengan jaringan komputer (Computer Network) adalah suatu himpunan interkoneksi sejumlah komputer autonomous. Dalam bahasa yang populer dapat dijelaskan bahwa jaringan komputer adalah kumpulan beberapa komputer (perangkat seperti router, switch dan sebagainya) yang saling terhubung satu sama lain melalui media perantara. Media perantara ini bisa berupa media kabel ataupun media tanpa kabel (nirkabel). Informasi berupa data akan mengalir sari satu komputer ke komputer lainnya sehingga masing-masing komputer yang terhubung tersebut bisa saling bertukar data atau berbagi perangkat keras.

Untuk memudahkan memahami jaringan komputer,para ahli telah membagi jaringan komputer berdasarkan beberapa klasifikasi, diantaranya:
  • Berdasarkan area atau sekala
  • Berdasarkan media penghantar
  • Berdasarkan fungsi
namun ada juga yang membagi  jaringan komputer menjadi empat, yaitu:
  • Berdasarkan area atau sekala
  • Berdasarkan media penghantar
  • Berdasarkan  pola operasi (fungsi)
  • berdasarkan metode access control
Mungkin juga ada yang meng-klarifikasi-kan dengan cara berbeda . perbedaan ini hanyalah masalah sudut pandangnya saja.

Berdasarkan Area
Berdasarkan area atau skala, jaringan komputer dapat dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:
  1. LAN, Local Area Network adalah jaringan lokal yang dibuat pada area terbatas. misalkan dalam satu gedung atau dalam satu ruangan. kadangkala jaringan lokal disebut juga jaringan personal atau private. LAN bisa digunakan pada sebuah jaringan kecil yang menggunakan resource secara bersama, seperti penggunaan printer secara bersamaan, penggunaan media penyimpanan secara bersama dan sebagainya.
  2. MAN, Metropolitan Area Network menggunakan metode yang sama dengan LANnamun daerah cakupannya lebih luar. Daerah cakupan MAN bisa satu RW, bebrap akantor yang berada dalam komplek yang sama, satu/berbeda Desa, satu/berbeda Kota, dapat dikatakan MAN merupakan pengembangan dari LAN.
  3. WAN, Wide Area Network cakupannya lebih luas daripada MAN. Cakupan WAN meliputi satu kawasan , satu negara, satu pulau, bahkan satu dunia. Metode yang di gunakan WAN hampir sama dengan LAN dan MAN. Namun WAN dihubungkan dengan jaringan telepon digital. Namun media transmisi lainpun dapat digunakan.
  4. Internet, internet adalah interkoneksi jaringan komputer skala besar (mirip WAN), yang dihubungkan menggunakan protokol khusus. jadi sebenarnya internet merupakan bagian dari WAN. Cakupan internet adalah satu dunia bahkan tidak menutup kemungkinan antarplanet. Koneksi antara jaringan komputer dapat dilakukan berkat dukungan protokol yang khas, yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol

Berdasarkan Media Penghantar
  1. Wire Network, wire network adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media penghantar, jadi data mengalir pada kabel. Kabel yang umumnya digunakan pada jaringan tipe ini biasanya berbahan dasar tembaga. Ada juga jenis kabel lain yang menggunakan bahan sejenis fiber yang disebut fiber optic atau serat optik.
  2. Wireless Network, wireles network adalah jaringan tanpa kabel yang menggunakan media penghantar gelombang radio atau cahaya infrared atau LASER. Saat ini sudah semakin banyak public area atau lokasi tertentu yang menyediakan layanan wreless network.

Berdasarkan Pola Operasi
  1. Client Server, Client server adalah jaringan komputer yang mengharuskan salah satu (atau lebih) komputer difungsikan sebagai server atau central. Server melayani komputer lain yang disebut client. Layanan yang diberikan bisa berupa akses web, email, file, atau yan glain. Client server banyak dijumpai pada jaringan internet. namun LAN atau jaringan yang lain pun bisa mengimplementasikan client server. Hal ini sangat bergantung pada kebutuhan masing-masing.
  2. Peer to peer, peer to peer adalah jaringan komputer dimana setiap komputer bisa menjadi server sekaligus client. Jadi tidak ada komputer yang "lebih utama" dibandingkankomputer lain. setiap komputer dapat menerima dan memberikan akses dari/ke komputer lain. Peer to peer banyak diimplementasikan pada LAN, walaupun dapat juga di implementasikan pada MAN, WAN, atau internet, namun hal ini kurang lazim. Salah satu alasannya adalah masalah manajemen dan security. cukup sulit menjamin security pada jaringan peer to peer manakala pengguna komputer sudah sangat banyak.

4 Responses to "Pengertian Jaringan Komputer"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel