LLC Sublayer (Logical Link Control)

IEEE mengeluarkan standar lain yaitu IEEE 802.1, yang mendukung berbagai topologi network. Standar tersebut menyediakan interface umum untuk "menghubungkan" berbagai protokol yang berbeda (seperti IPX, TCP/IP, dsb) dengan berbagai tipe network (seperti: Ethernet, Token Ring, FDDI, dsb).

IEEE 802.2 diimplementasikan pada sub layer atas, yang ada pada layer data link. Sublayer atas ini disebut LLC (Logical Link Control). Pada layer OSI, posisi LLC berada pada bagian atas CSMA/CD CSMA/CA dan sebagainya. Perhatikan ilustrasi berikut.
Posisi sublayer LLC pada layer OSI
Posisi sublayer LLC pada layer OSI


LLC dapat meng-handle error, frame, flow control, dan melayani service bagi layer di atasnya, yaitu layer Network (layer 3). Pada mulanya, LLC ini dikembangkan oleh IBM untuk keperluan network token ring.

Model koneksi atau service yang disediakan LLC meliputi 2 buah connectionless oriented dan 1 buah connection-oriented, dengan penjelasan sebagai berikut.
  • Unacknowledge connectionless mode (tipe 1) atau LLC1
    Pada mode ini, LLC mengirim frame tanpa mengetahui apakah frame tersebut dapat tiba di tujuan dengan selamat. Frame bisa dikirim ke alamat unicast, multicast atau broadcast.
  • Connection oriented mode (tipe 2) atau LLC2
    Pada mode ini, LLC bertanggung jawab melalui (estabilishing), menggunakan (using), menghapus (resetting), dan mengakhiri (terminating) koneksi. LLC dapat mengetahui dengan pasti "nasib" frame yang telah dikirim.
  • Acknowledged connectionles service (tipe 3).
    Mirip dengan tipe 1 tapi hanya mendukung koneksi point-to-point.
Secara default, LLC akan menggunakan mode koneksi Tipe1.

Jika dibandingkan dengan protokol TCP/IP maka tipe 1 dan tipe3 mirip dengan unrealiable IP-UDP, sedangkan tipe 2 mirip dengan realiable IP-TCP. Tentang connection dan connectionless oriented akan di bahas pada postingan berikutnya.
Proses enkapsulasi atau de-enkapsulasi yang terjadi pada layer Data Link melibatkan sublayer MAC dan LLC. Kita sudah mengetahui fungsi MAC address. Lalu apakah fungsi sublayer MAC 802.3 sebagaimana yang digambarkan pada diagram diatas?

Subleyer tersebut mendefinisikan bagaimana paket-paket "diletakan" pada media sesuai dengan prinsip "first come/first served". Alamat fisik (physical addressing) juga didefinisikan pada layer ini. Begitu pula dengan topologi logika (logical topologies)

Lalu apakah yang dimaksud dengan topologi logika??

Ada beberapa pendapat mengenai arti istilah tersebut. Pendapat pertama mengatakan bahwa topologi logika tidak lain adalah metode akses atau access method. Kita sudah membahas metode akses pada postingan sebelumnya. Ada beberapa metode akses yang sudah kita kenal, seperti CSMA/CD, CSMA/CA, token passing, demand priority, dan token bus.

Pendapat lain mengatakan bahwa topologi logika berkaitan dengan "jalur" sinyal yang melalui topologi fisik. Sepintas lalu kedua pendapat tersebut tampak berbeda. Namun jika dipelajari dengan seksama, ternyata kedua pendapat tersebut identik.

Saat mempelajari metode akses, kita akan mengamati bagaimana sinyal melalui media network. Sebagai contoh, pada token passing, akan dapat "dilihat" bahwa sinyal mengalir melalui jalur berbentuk lingkaran tertutup. Jika metode akses yang digunakan berbeda maka "jalur" sinyalnya juga akan berbeda pula. Dengan demikian maka kita dapat mengatakan bahwa topologi logika identik dengan metode akses.

Jadi, sublayer MAC berfungsi dalam penentuan topologi logika, error notification (bukan error correction), urutan frame yang dikirim, dan kendali aliran frame (flow control). Sedangkan sublayer LLC berfungsi untuk mengidentifikasi protokol yang digunakan pada layer network.

Manakala sebuah frame datang maka komputer akan "melihat" isi LLC untuk menentukan protokol apa yang akan digunakan pada layer network. Misalkan, jika protokol yang digunakan adalah IP (internet protocol) maka selanjutnya layer network akan memproses sesuai dengan "kebutuhan" protokol tersebut.

Secara umum fungsi LLC sebagai berikut:
  • Mengatur koneksi Data Link
  • Menentukan Link Addressing
  • Mendefinisikan SAP (Service Access Pints)
  • Squencing control (kendali pengaturan frame)
Pada layer data link, sublayer LLC (frame LLC) dan sublayer MAC (frame MAC) akan membentuk sebuah frame "gabungan". Untuk memudahkan memahaminya, perhatikan bagian berikut ini.

Format frame yang terdiri atas MAC dan LLC
Format frame yang terdiri atas MAC dan LLC
SNAP merupakan singkatan dari subnetwork access protocol. SNAP merupakan extended bagi LLC. Karena LLC hanya dapat menampung hingga 64 buah jenis protokol network. Salah satu protokol yang menggunakan SNAP adalah AppleTalk

SNAP juga akan ditambahkan pada frame manakala LLC protokol digunakan untuk paket IP (Internet Protocol). Informasi lebih lengkap tentang SNAP dapat diperoleh pada situs berikut ini:
Frame LLC disebut juga sebagai LPDU (LLC Protocol data Unit). Jika frame LLC kita pisahkan, maka "bentuknya" menjadi seperti diagram di bawah ini.

Format LPDU
Format LPDU
Penjelasan PDU LLC sebagai berikut:
  • DSAP (Destination Service Access Point)
    Merupakan tujuan SAP (receiving station's logical link SAP)
  • SSAP (Source Service Access Point)
    Merupakan asal SAP (transmitting station's logical link bagi SAP)
  • Control
    Kendali untuk frame
  • Information
    LLC data atau protokol (yang posisinya pada layer OSI lebih tinggi dibandingkan LLC)
SAP adalah logical link atau "jalur" bagi protokol yang ada pada layer Network. Manakala kita mengoprasikan berbagai protokol LAN, setiap protokol pada layer Network akan menggunakan SAP-nya masing-masing. Hal ini untuk mencegah terjadinya "tabrakan" jalur antarprotokol. Inilah cara yang digunakan oleh LLC untuk mengetahui komunikasi antar protokolyang berbeda-beda.

Sangat penting untuk dipahami, bahwa frame 802.3 (MAC) dapat diibaratkan seperti "kendaraan" bagi  frame 802.2 (LLC). mekanisme pengangkutan frame 802.2 diatur oleh frame 802.3. Sedangkan frame 802.2 digunakan untuk multiflexing berbagai protokol (seperti IP, IPX, AppleTalk) yang ada di layer Network.

Kita sudah mengulas tentang frame MAC dan frame LLC. Keduanya berperan dalam membentuk frame pada layer Data link. Informasi lebih lengkap tentang LLC dapat Sobat jumpai pada situs:

http://www.cisco.com/en/US/tech/tk331/tk336/technologie_tech_note09186a0080094777.shtml

Semoga bermanfaat, terimakasih sudah berkunjung ke blog riyantoshare.blogspot.com.

0 Response to "LLC Sublayer (Logical Link Control)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel