Sekilas Tentang Pemograman PHP

Kata PHP akhir-akhir ini semakin ngtrend aja, baik di media televisi maupun media sosial. PHP adalah Pemberi Harapan Palsu. Mungkin itulah gambaran awal ketika kita baru mulai belajar pemograman, agak ngeri-ngeri sedap ya, ketika melihat script yang begitu banyak yang penuh dengan titik koma, tanda petik dan deretan kode-kode yang ditulis. Begitulah yang saya rasakan ketika saya di PHPin ama tuh code.

Tapi, lama-lama di PHPin itu ngangenin juga, sampai akhirnya postingan ini dibuat. PHP itu ternyata tidak sengeri yang kita bayangkan, dengan sedikit meluangkan waktu dan fikiran serta perhatian dan akhirnya si Pemberi Harapan Palsu itu bisa kita miliki.

Oke gan, sementara itu sedikit motivasi bagi kita yang mau belajar pemograman PHP. Untuk bisa menjadi seorang programer ternyata tidak harus duduk di bangku kuliah 4 tahun lamanya atau tidak perlu menyeduh minuman dari hasil buku atau tutorial PHP yang dibakar kemudian abu nya diminum.


Oke terlalu banyak bacotnya nih si mimin, kita simak baik-baik apa itu PHP

Pengertian PHP
PHP merupakan singkatan rekursif dari PHP : Hypertext Prepocessor adalah suatu bahasa pemograman yang termasuk kategori server side programming.
Wah.. apaan tuh server side programming? Oke mimin jawab lagi, Server Side programming adalah jenis bahasa pemograman yang nantinya script/program tersebut akan di jalankan oleh server. Selanjutnya hasil pengolahan script/program tersebut akan dikirim ke client/browser sebagai output.

Agar script PHP yang sobat buat bisa berjalan, sobat terlebuh dahulu harus sudah menginstal PHP server di komputer sobat. Oiya,, dalam postingan selanjutnya Insya Allah mimin akan bahas tentang menginstal server PHP di komputer sobat untuk bahan pembelajaran pemograman PHP. Jadi sobat tidak perlu menjalankan script PHP di server khusus yang spesifikasinya besar atau di server hosting, tapi cukup di komputer sobat pribadi. Lebih jelasnya bisa kita bahas bareng-bareng pada postingan berikutnya terkait dengan beberapa tools yang digunakan dalam pemograman PHP.

0 Response to "Sekilas Tentang Pemograman PHP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel