Distribusi Linux (Distro Linux)

Distro linux disingkat dari (distribusi Linux) adalah sebuah sebutan untuk sistem operasi Distribusi Linux dan aplikasinya, merupakan keluarga Unix yang menggunakan kernel Linux. Distribusi Linux bisa berupa perangkat lunak bebas dan bisa juga berupa perangkat lunak komersial seperti Red Hat Enterprise, SuSE, dan lain-lain.

Ada banyak distribusi atau Distro Linux yang telah muncul. Beberapa bertahan dan menjadi distro besar, bahkan sampai menghasilkan distro turunan, contohnya distro Debian GNU/Linux. Distro ini telah menghasilkan puluhan distro turunan, antaralain Ubuntu, Knoppix, Xandros, DSL dan sebagainya.

Untuk mendapatkan distro linux, sobat dapat mengunduh langsung dari situs distributor distro bersangkutan, mengunduhnya dari mirorr lokal (misalnya untuk mirror lokal indonesia pada) atau membelinya dari penjual lokal.

Turunan Debian
Gambar diatas merupakan contoh distro linux debian yang memiliki banyak keturunan

Contoh distro-distro keturunan debian: Ubuntu, Linux Mint Debian, BlankOn Dll

Jadi secara umum perintah-perintah distro-distro linux dibawah distro utama atau distro induk nya perintahnya sama atau mungkin tidak jauh beda.

Untuk melihat gambar lebih lengkap : http://en.wikipedia.org/wiki/Linux_distribution, http://id.wikipedia.org/wiki/DistrDistribusi_Linux

Debian

Debian Logo
http://mdcc.cx/~joostvb/plaatjes/stuff/debian/2.html

Debian adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas BNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya. Debian GNU/Linux memuat perkakas sistem operasi GNU dan kernel Linux merupakan distribusi Linux yan gpopuler dan berpengaruh. Debian didistribusikan dengan akses ke repositori dengan ribuan paket perangkat lunak yang siap untuk instalasi dan digunakan.

Debian terkenal dengan sikap tegas pada filosofi dari unix dan perangkat lunak bebas. Debian dapat digunakan pada berbagai perangkat keras, mulai dari komputer jingjing (laptop) dan desktop hingga telepon dan server. Debain fokus pada kestabilan dan keamanan. Debian banyak digunakan sebagai basis dari banyak distribusi GNU/Linux lainnya.

Sistem operasi debian merupakan gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel linux, sehingga populer dengan nama Debian GNU/Linux. Sistem operasi debian yang menggunakan kernel linux merupakan salah satu distro linux yang populer dengan kestabilannya, dengan memperhitungkan distro berbasis Debian, seperti Ubuntu, Xubuntu, knoppix, Mint dan sebagainya, maka debian merupakan distro linux yang paling banyak digunakan di dunia. Sebuah repositori software adalah lokasi penyimpanan dari paket perangkat lunak dapat diambil dan diinstal pada komputer.

Bagaimana sobat dapat bisa mendapatkan CD/DVD debian? sobat bisa mendapatkan dengan cara mendownloadnya di situs resmi debian (https://debian.org/) atau sobat dapat mendownload di repo-repo linux indonesia seperti di http://kartolo.sby.datautama.net.id/debian-cd/, http://kartolo.sby.datautama.net.id/debian-cd/7.0.7/amd64/iso-dvd/

Untuk informasi atau membacanya lebih lengkap bisa kunjung link berikut ini:
https://www.debian.org/, http://id.wikipedia.org/wiki/Debian, http://en.wikipedia.org/wiki/Debian

0 Response to "Distribusi Linux (Distro Linux)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel