Cara Konfigurasi DNS Server di Linux Debian Squeeze

Selamat pagi salam sejahtera, menepati janji adalah hal yang harus di selesaikan, maka dari itu sesuai janji saya mau share tutorial Cara Konfigurasi DNS Server di Linux Debian Squeeze lanjutan dari postingan yang pertama Instalasi Server Debian Squeeze, Cara Konfigurasi Router di Linux Debian, dan sekarang kita lanjutkan dengan mengkonfigurasi DNS Server.

DNS (Domain Name Server) adalah server yang digunakan untuk mengetahui IP Address suatu host lewat host name-nya. Dalam dunia internet, komputer berkomunikasi satu sama lain dengan mengenali IP Addressnya. Namun bagi manusia tidak mungkin menghafalkan IP address tersebut, manusia lebih mudah menghafalkan kata-kata.
Seperti contoh www.google.com Fungsi utama dari sebuah server DNS adalah menerjemaahkan nama-nama host (hostname) menjadi alamat IP atau sebaliknya sehingga nama sebuah host akan lebih mudah diingat oleh pengguna. Sumber https://linuxindo.com/solution/dns/

DNS
https://linuxindo.com/solution/dns/
Langkah pertama masukan DVD-1 terlebih dahulu untuk menginstall paket DNS (BIND9), perintah untuk melakukan instalasi paket DNS di debian adalah "apt-get install bind9", Maka akan tampil seperti gambar di bawah ini

Install BIND9

Pada debian 6 (squeeze), nama paket DNS dan servicenya adalah BIND9, namun nama folder yang terbentuk pada server adalah BIND. masuk ke folder BIND, pastikan file yang ada pada folder tersebut
  • Copy file db.local ke db.sekolah
  • Copy file db.127 ke db.192
Langkah untuk mengcopy file adalah sebagai berikut
Masuk ke folder BIND dengan perintah "cd /etc/bind"
Lalu lihat isi dalam folder BIND tersebut dengan perintah "ls"
Di dalam folder bin terdapat banyak file, setelah pasti kita berada di folder bind selanjutnya kita copy kedua file diatas dengan perintah "cp db.local db.sekolah", dan "cp db.127 db.192"

Pastikan kembali file yang terdapat pada folder BIND untuk memastikan file sudah tercopy.

Copy file ke folder BIND

Selanjutnya edit file named.conf.default-zones dengan perintah nano. Ingat baris yang ada jangan di hapus atau di edit. Tambahkan konfigurasi pada baris paling bawah. lihat gambar di bawah ini.

edit file named.conf.default-zones

Selanjutnya kita edit juga file named.conf.options pada folder bind dengan perintah "nano named.conf.options" maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.

edit file named.conf.options

Masih pada folder bind, edit file resolv.conf dengan perintah "nano /etc/resolv.conf". Sesuaikan dan tambahkan IP Address name server sebagai berikut.

edit file resolv.conf

Selanjutnya kita edit file db.sekolah dengan perintah "nano db.sekolah", sesuaikan dengan hostname, domain, subdomain dan IP pada rancangan. Maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.

edit file db.sekolah

Selanjutnya kita edit juga file db.192 dengan perintah yang sama "nano db.192", sesuaikan juga dengan hostname dan IP address yang digunakan pada rancangan.

edit file db.192

Jangan lupa setiap mengkonfigurasi file di save ya!! Dan langkah terakhir untuk konfigurasi DNS ini kita restart DNS service (BIND9) dengan perintah "/etc/init.d/bind9 restart". dan jika berhasil maka akan seperti gambar di bawah ini.

restart hasil konfigurasi dns

Ujicoba DNS Server
Untuk ujicoba DNS server sudah terkonfigurasi dengan benar maka kita coba ketik perintah "nslookup www.smkncb.sch.id" jika konfigurasi sudah benar maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.

nslookup www.smkncb.sch.id

Kita coba pengujian DNS tidak hanya di server saja, kita coba pengujian di web browser client juga, Pada Client Windows buka command prompt gunakan perintah "ipconfig /all". Jika seperti gambar di bawah ini maka konfigurasi sukses.

Ujicoba dns di client

Pastikan IP Address sudah benar yaitu : 192.168.50.1 

Gimana?? sangat mudah sekali bukan? Sekarang kita sudah tau cara konfigurasi DNS server pada debian, nantikan postingan selanjutnya yaitu Konfigurasi WEB Server. Semoga postingan ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca. Sekian selamat siang dan selamat beraktifitas.

Jika ada yang kurang paham silahkan berkomentar di bawah postingan ini.

0 Response to "Cara Konfigurasi DNS Server di Linux Debian Squeeze"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel