Cara Konfigurasi Router di Linux Debian

Melanjutkan postingan dari Instalasi Server Debian Squeeze, tahap selanjutnya adalah melakukan konfigurasi router pada server.

Router adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan dua jaringan dengan subnet berbeda. Kita bisa mengaplikasikan fungsi router ini pada semua perangkat komputer dan sistem operasi apa saja, termasuk di Linux Debian. Dengan catatan komputer yang akan dijadikan router server ini sudah memiliki dua buah network interface atau lancard, jika lebih akan lebih baik.

Memiliki dua buah interface lancard ini adalah syarat yang harus dimiliki oleh sebuah router, mari kita simak langkah-langkah konfigurasinya.

Sebelumnya sobat harus login dulu ke server debian untuk mengkonfigurasi

login debian

Periksa konfigurasi interface dengan perintah "ifconfig" maka akan tampil seperti gamabar dibawah ini

Konfigurasi Interface

Tambahkan IP LAN pada eth1, untuk mengedit file interfaces maka gunakan perintah sebagai berikut "nano /etc/network/interfaces" maka akan tampil seperti gambar dibawah ini

konfigurasi eth1

Simpan dan restart, Restart server untuk melihat dan mengaktifkan perubahan interface dengan perintah "reboot"

reboot server

Setelah login kembali, coba kita cek hasil konfigurasi interface yang sudah di aktifkan dengan perintah "ifconfig | less". Konfigurasi sudah berhasil, maka akan terdapat eth1 (Ethernet LAN yang sudah ditambahkan sebelumnya)

cek hasil konfigurasi

Selanjutnya kita edit file sysctl.conf pada folder /etc/ dengan perintah "nano /etc/sysctl.conf" lalu hapus karakter # untuk mengaktifkan ip forwarding, maka akan tampil seperti gambar di bawah ini setelah karakter # dihapus.

mengaktifkan ip forwarding

Selanjutnya kita tambahkan iptable dengan perintah "nano /etc/rc.local" dan tambahkan perintah berikut di file rc.local "iptables -t nat -A POSTROUTING -o eth0 -j MASQUERADE"

menambahkan iptable

Langkah terakhir kita simpan dan restar server dengan perintah "reboot", lalu periksa kembali iptable untuk memastikan setelah restart routing tables dan nat masih berfungsi, dengan perintah "iptables -t nat -n -L". Maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.

iptables

Ujicoba Hasil Konfigurasi Router
Tahapan selanjutnya adalah tahap menguji coba di client (windows), sesuaikan dengen konfigurasi di bawah ini

router test

Pastikan konfigurasi TCP/IP pada client sudah di konfigurasi dengan benar, cara untuk melihat konfigurasi dengan benar yaitu dengan mengetikkan perintah "ipconfig" pada cmd di windows.

ipconfig

Jika sudah seperti gambar diatas, maka sobat coba ping dari PC client tersebut ke Server Debian yang telah di konfigurasi di atas, sobat cukup ketikkan perintah berikut di "ping 192.168.50.1" ip 192.168.50.1 adalah IP LAN pada eth1 di Server Debian yang kita konfigurasi tadi. Jika sobat mendapatkan "Replay from 192.168.50.1: bytes=32 time<1ms TTL=64" maka konfigurasi router berhasil. Lihat gambar di bawah ini


Untuk langkah-langkah konfigurasi Router pada Server debian ini cukup sampai disini, untuk konfigurasi selanjutnya kita akan mengkonfigurasi DNS Server, namun berhubung waktu sudah menunjjukan jam 00:43 sebaiknya kita istirahat dahulu. Ucapan penutup dari saya semoga postingan kali ini membantu dan bermanfaat. Bila ada yang kurang jelas bisa di tanyakan langsung ke saya. Silahkan hubungi saja.

1 Response to "Cara Konfigurasi Router di Linux Debian"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel