Link VLAN

VLAN dibangun menggunakan berbagai perangkat, seperti; switch, router, PC dan sebagainya. Tentunya diperlukan hubungan atau link di antara perangkat-perangkat tersebut. Link seringkali disebut sebagai interface. Ada dua jenis link yang digunakan, yaitu:

Access Link
Access Link merupakan tipe link yang umum dan dimiliki oleh hampir semua jenis switch VLAN. Access Link lazminya digunakan untuk menghubungkan komputer dengan switch. Access Link tidak lain merupakan port switch yang sudah terkonfigurasi.
Selama proses transfer data, switch akan membuang informasi tentang VLAN. Anggota suatu VLAN tidak habis berkomunikasi dengan VLAN yang lain, kecuali jika dihubungkan oleh router.

Access Link mendukung teknologi Ethernet biasa (10 Mbps) hingga fast ethernet (100 Mbps).

Trunk Link
Istilah Trunk diambil dari sistem telepon yang dapat mengangkut beberapa percakapan sekaligus (multi conversation). Trunk Link digunakan untuk menghubungkan switch dengan switch yang lain, switch dengan router, atau switch dengan server. jadi, port telah dikonfigurasi untuk dilalui berbagai VLAN (tidak hanya sebuah VLAN).
Trunk Link hanya mendukung teknologi Fast (100 Mbps) atau Gigabit (1000 Mbps) Ethernet. Sebab Trunk Link lazimnya dihubungkan dengan network backbone berkecepatan tinggi. Wajar jika kebutuhannya lebih tinggi dibandingkan Access Link.

Untuk memudahkan memahami kedua link tersebut, bayangkan saja Access Link seperti jalan menuju pekarangan rumah, sedangkan Trunk Link seperti jalan umum. Lazimnya jalan umum boleh dilalui oleh semua pengguna jalan, sedangkan jalan menuju pekarangan rumah hanya dilalui oleh pemilik rumah atau mereka yang ingin berkunjung ke rumah tersebut, perhatikan dua buah gambar ilustrasi yang menjelaskan perbedaan kedua link tersebut.

Trunk Link

Access Link

Pada postingan selanjutnya akan di bahas tentang Frame Tagging.

0 Response to "Link VLAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel