Berbagai Macam Genre atau Jenis Games

Pada kesempatan ini saya mau share tentang genre dalam sebuah game, bukan hanya film dan musik saja yang di sortirkan berdasarkan genre disini game pun sama memiliki genre masing-masing. kalau orang awam mungkin game itu tembak-tembakan, balapan. Padahal game punya aliran dengan namanya tersendiri. Jikamusik ada rock, pop, jazz atau yang sekarang lagi booming K-pop. Nah pada kesempatan ini akan saya bahas adalah aliran-aliran dari game atau bahasa kerennya game.

Yuk kita simak berbagai macam genre game.

RPG (Role-Playing Games)
RPG adalah sebuah game dimana player memainkan suatu tokoh yang ada dalam game, didalam game ini terdapat unsur seperti experience point, atau perkembangan karakter yang kita mainkan sehingga membuat karakter kita naik level dan semakin kuat. Unsur cerita dalam gama RPG sangat kental. Ada yang akhir ceritanya bisa kita tentukan sendiri tergantung apa yang kita lakukan dalam game. Biasanya dalam game terdapat juga sistem equipment, dimana untuk memperkuat karakter yang kita mainkan diperlukan kombinasi perlengkapan yang mempengaruhi danam menjalankan game RPG.

Selain itu di dalam game RPG ini kita dapat menjelajahi peta yang cukup luas. Game RPG dibagi menjadi duagenre yaitu Action RPG dan Turn Based RPG. Perbedaan kedua turunan RPG itu pada sistem battle nya, dimana action RPG memiliki kebebasan dalam mengendalikan karakter dan battlenya yang real time (tidak harus saling menunggu untuk menyerang). Untuk Turn Based RPG sistem battlenya lebih cenderung ke strategi. Dimana kita harus memberikan perintah kepada karakter seperti attack, magic, skill dan memilih musuh yang diserang dalam setiap pertarungan. Kelebihan turn based RPG adalah kita dituntut untuk membuat taktik agar dalam sebuah pertarungan karakter kita dapat memenangkan pertarungan dan mendapatkan experience point.

Contoh Action RPG

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi31dtgkpbg5pF3awFovwjz9UB-Wyx3ZnXWETxcf-cTQ5bL4YAUvRyZG71hHp0Vy1eAzdku-cTi3-_9BFtSkMNlwL6ruHIHbz_fK1op8nXC0vK9gKlVzCukl4lKuU17Z7nmdQ4iBO9QQC3O/s400/the-elder-scrolls-v-skyrim-20110415033042643.jpg
The Elder Scrolls V: skyrim
Contoh Turn Based RPG

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhSo5h5koqEnx72snq7vZ5pSE_jwwvIF3z3SHiFqPUAY9BVSvxFiJ1WXjEuhWKzTo4NXHWDl_3Pp2xk-wCu0_gsrA_cTI5K4TN32ggJOlVFwLr1fRFwv4d4qCP-Fk74t6nqp9JoOyEN2Uil/s400/Game+Final+Fantasy+X.jpg
Final Fantasy X

Strategi Game
Game strategi adalah game dimana kita sebagai pemain menjalankan berbagai unit-unit yang unik untuk memenangkan sebuah permainan. Biasanya kita mengatur unit-unit atau pasukan untuk bertahan, menahan, bahkan mengalahkan musuh yang ada di game tersebut. Disini kita harus membangun pertahanan, bangunan, dan pasukan dengan biaya tertentu yang didapatka dari sumber-sumber yang ada di dalam map pertempuran. Game strategi ada yang berbasis realtime dan ada juga yang turn based strategy. Di real time kita mengendalikan unit yang kita mainkan secara langsung tanpa menunggu giliran. Di game ini kita diharuskan untuk berfikir cepat karena musuhmu tidak akan menunggu kamu untuk berfikir. Bisa-bisa karena kamu kelamaan berfikir pasukanmu sudah habis di lahap sama musuh. Kalau di turn based strategy bayangkan saja kalau kamu main catur, kita mengatur strategi untuk mengalahkan musuh , tetapi kita tidak bisa mendahului musuh untuk menyerang.

Contoh realtime strategi

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjr284p49x7YQm46sUkhhMnlNKaEoOoXpbR99n4RDmmIfCeS5x-tT-FUTGEFvKjoO-w6BmN23pZcRqX1F8qRUkCVPHXpapuvovS8SU92FaQJ43V4rT5OFC3QetLeDVXrzkFPWgARemVRE6d/s400/Command+And+Conquer++Kane%E2%80%99s+Wrath+5.jpg
Comand & Conquer 3
Contoh turn based strategi

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgol8pYcq9fwme843jxwA3e5-uNX1ho3T2fOdulMg0nBn0rylFnHV99mBmUmWFz6yrvE3eJQDK8N9wSIOFkNyZJoiBsWSHQjiGFNweuhmbZ_BX2TpPih-aC-bot_OQsg_Uf19I8P600iqzF/s400/brigandine_003.jpg
Brigandine

Game Adventure
Game adventure atau action adalah game yang sering kita jumpai di mana-mana. Game ini agak umum sehingga hampir semua game juga memiliki unsur game adventure walaupun tidak spesifik. Game ini biasanya memiliki satu tokoh utama yang kita mainkan secara langsung dari awal sampai akhir tamat mengikuti jalan cerita.

Contoh game adventure

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVGcgvGNGsQQGwk_nasPmohob_Oll_Z2CWrE8QlyI1pCMDLTrVb8nWMqvypHEE76Opd6w0CNeg8z2PPcaJzsU09-d0zYQEYB-E36jlbkwtk4sEk_hsJdn_8v4yL_vzF7xtdxLEcKYC4usK/s1600/combat.jpg
Assassin Creed
Game Racing
Game ini sudah pasti tidak asing lagi di mata kita, dari namanya saja sudah ketahuan yaitu racing pasti identik dengan balap-balapan. Mulai dari balap mobil, motor sampai kuda juga termasuk ke dalam kategori game racing. Tujuannya yaitu menjadi yang tercepat. Tema yang bisa diambil dari game ini adalah balapan jalan dan balapan rsmi. Di beberapa game pemain juga bisa mengupgrade dan memodifikasi kendaraanya agar lebih cepat dan terlihat bagus.

Contoh game racing

https://media-www-needforspeed.spark.ea.com/content/c-need-for-speed/en_US/_jcr_content/content/mediaparagraph/media/image.img.jpg
Need for Speed
Simulation Game
Game simulation adalah game yang dibuat dari hal-hal yang ada di dunia nyata. Mungkin game ini diciptakan untuk orang-orang yang ingin mencoba sesuatu seperti mengendalikan pesawat terbang, tetapi di dunia nyata tidak bisa melakukannya. Game ini juga bermanfaat untuk latihan dimana kita tidak bisa menggunakan sesuatu yang asli. Game ini dibuat se realistis mungkin dari kendali sifat dan mungkin masalah yang di hadapi di sekitarnya. Game ini terbilang agak rumit karena dibuat berdasarkan objek asli yang disimulasikan. Tapi kalau sudah menguasai game ini maka kita akan tahu cara kerja suatu objek yang sebenarnya secara garis besar.

Contoh game simulation

eurotrucksimulator2.com
Euro Truck Simulator

Game Shooter
Game yang satu ini sangat terkenal, Game shooter sudah pasti dari namanya juga sudah ketahuan pasti game ini game tembak-tembakan. Unsur yang paling penting di game ini adalah senjata baik senjata jaman modern dan jaman dahulu. Game shooter yang sering kita lihat itu ada FPS (first Person Shooters) dan TPS (Third Person Shooter). Perbedaan kedua jenis game ini adalah sudut pandang pemain dalam memainkan game ini. Kalau FPS sudut pandang orang pertama (biasanya cuma kelihatan tangan, senjata dan crosshair), jika TPS sudut pandang orang ke-3 (kelihatan badan dari karakter yang kita mainkan).

Contoh game shooter

http://cdn.mos.cms.futurecdn.net/5zHA4DXhWdQfiyaBKXeQyg.jpg
Counter Strike
Sports Game
Sport game adalah satu game yang dibuat dari cabang olahraga yang ada di kehidupan nyata. Tokoh dari game ini biasanya benar-benar ada di dunia nyata, seperti game bola, tetapi ada juga yang merupakan kreasi pembuat game. Sistem permainan tiap game berbeda tergantung jenis olahraga yang membuatnya.

Contoh Soprts game

https://www.konami.com/wepes/2017/s/img/main_visual_pes.jpg
PES 2017
Fighting Game
game ini yaitu game pertarungan, ini merupakan point dari game fighting. Biasanya pemain di bolehkan memilih karakter yang tersedia dalam game tersebut yang bisa digunakan. Tujuan dari game ini adalah menglahkan muduh dengan bertarung dengan gaya masing-masing karakter beserta jurus-jurusnya. Dalam game ini pemain menggunakan karakter dan melawan karakter lainnya, biasanya pertarungan 1 vs 1 di dalam suatu tempat.

Contoh game fighting

http://www.gamespot.com/reviews/wwe-2k15-review/1900-6415940/
WWE 2K15

Masih banyak lagi kategori game atau genre game yang ada sekarang ini, namun yang saya sampaikan hanya beberapa atau sebagian dari seluruh yang ada, itu merupakan game yang populer sering dimainkan oleh banyak orang sekarang ini.

Semoga bermanfaat.

0 Response to "Berbagai Macam Genre atau Jenis Games"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel