Cara Mudah Install .NET Framework 3.5 Offline di Windows 10

Microsoft .NET Framework adalah sebuah perangkat lunak kerangka kerja yang berjalan utamanya pada sistem operasi Microsoft Windows, saat ini .NET Framework umumnya telah terintegrasi dalam distribusi standar windows. Kerangka kerja ini menyediakan sejumlah besar pustaka pemograman komputer dan mendukung beberapa bahasa pemograman serta interoperabilitas yang baik sehingga memungkinkan bahasa-bahasa tersebut berfungsi satu sama lain dalam pengembangan sistem.

.NET sering kali juga dpat diartikan sebagai platform, yang merupakan suatu lingkungan terpadu untuk pengembangan dan eksekusi untuk berbagai macam bahasa pemograman dan kumpulan library untuk bekerja sama membuat dan menjalankan aplikasi berbasis Indows yang lebih mudah untuk dibuat, diatur, didistribusikan dan diintegrasikan dengan sistem jaringan lain.

Dalam perkembangannya, .NET sering kali dikaitkan pula dengan versi Visual Studio yang sesuai dengan dukungan versi yang bersangkutan untuk pengembangan aplikasi.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/.NET_Framework, https://en.wikipedia.org/.NET_Framework

Pada Windows 8 dan 10 Microsoft tidak menginstal otomatis langsung .NET Framework 3.5. Namun sebenarnya .NET Framework 3.5 itu sudah ada di dalam file installer windows itu sendiri, dan untuk menginstalnya sobat bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah Pertama
Siapkan file .iso atau DVD installer Windows 10/8 milik sobat, dan pastikan menggunakan file .iso atau DVD yang build number nya sama serta arsitektur bit nya juga sama. Disarankan untuk menginstal Framework ini dalam keadaan fresh install. Maka jika setiap melakukan install ulang PC atau laptop lakukan langkah ini biar nantinya tidak ada kendala di kemudian hari.

Langkah Kedua
Mount file .iso atau DVD Windows 10 atau Windows 8, dan lihat posisi drive mount file .iso nya ada di drive apa, dalam kasus ini admin contohkan file .iso nya berada pada drive (F)

drive f

Langkah Ketiga
Buka command prompt dan jalankan sebagai Administrator, Seperti gambar di bawah ini

command prompt admin

Setelah terbuka Command Prompt, sobat tinggal ketikkan perintah berikut
Dism /online /enable-feature /Featurename:NetFX3 /All /Source:F:\sources\sxs /LimitAccess
Perhatikan Drive F yang saya beri tanda warna merah dan bold, itu merupakan posisi dimana file .iso atau DVD berada.

Selanjutnya sobat tinggal tunggu hingga success! Setelah success restart komputer sobat untuk menerapkan efeknya.

Sangat mudah bukan! jadi sekarang sobat tidak usah bingung lagi jika diminta aplikasi yang membutuhkan untuk install .NET Framework 3.5.

Semoga postingan ini bermanfaat dan menambah wawasan . Good Luck!

0 Response to "Cara Mudah Install .NET Framework 3.5 Offline di Windows 10"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel