Mengenal Berbagai Macam Network Adapter pada VMWare

Selamat malam, setelah seharian offline tidak bertatapan dengan PC kesayangan dikarenakan berbagai hal, pada malam ini saya mau memberikan sedikit wawasan bagi para sobat bloger yang setia selalu mengunjungi blog riyantoshare ini, yaitu kita akan mengenal istilah-istilah adaptor yang ada pada VMWare, mungkin sebagian orang ada yang kurang paham tentang fungsi dari berbagai adaptor yang ada pada VMWare. Disitu ada adaptor Bridge, NAT, Host Only dan LAN Segment. Kemungkinan besar pada network adapter yang ada di Virtual Box juga memiliki konsep yang mirip dengan VMWare ini tentang adaptor yang mereka gunakan.

adaptor pada VMWare
https://agussas.files.wordpress.com/2015/10/diagram-b.png


Secara garis besar network adapter pada VMWare ada 4 jenis network adaptor yang telah di sebutkan diatas, dari setiap jenis adaptor itu memiliki karakter sendiri-sendiri. Misalnya pada gambar diatas ada VM1 sampai dengan VM6 itu adalah Guest VM, terhubung dengan VM network adapter yang beda-beda jenisnya, (sesuai warna)

Keterangan:
Host VM = PC yang melakukan virtualisasi, PC yang menjalankan VMWare
Guest VM = Virtual Machine dalam VM
Outside Network, Jaringan Luar, Jaringan Nyata = jaringan yang terhubung dengan interface fisik Host VM
Virtual network = Network dalam VM atau dalam simulasi

Bridge
Adaptor bridge berfungsi sebagai jaringan yang terhubung langsung dengan interface fisik Host VM. Jadi seolah-olah Guest VM menjadi PC yang nyata ada di jaringan real. Misal di jaringan real (yang terhubung dengan Host VM) ada DHCP maka Guest VM ini bakal mendapatkan DHCP juga. Flow traffiknya seperti pada gambar diatas, yaitu dari Guest VM bisa berhubungan langsung dengan perangkat di jaringan real dan juga sebaliknya.

NAT
Konsep dari adaptor NAT ini adalah host VM akan mentranslasikan traffik dari NAT ke luar. Jadi Guest VM yang menggunakan network adapter NAT maka akan dapat terhubungdengan perangkat-perangkat di network real tapi source IP-nya akan di translasikan ke IP Host VM. Sedangkan dari luar tidak akan bisa menghubungi Guest VM karena dari luar hanya kenal sampai IP Host VM.

Host Only
Karakter Host Only ini adalah koneksi yang dapat digunakan untuk menghubungkan Guest VM dengan Host VM. Host VM akan membuat virtual adapter yang digunakan untuk berhubungan dengan Guest VM. Di host only ini ada fitur service DHCP bawaan juga yang bisa dienable/disable.

LAN Segment
LAN Segmen bisa di tambah atau di hilangkan, dipakai untuk segmentasi jaringan virtual, tapi hanya dapat digunakan oleh Guest VM dan fungsinya dipakau untuk segmentasi saja. tidak ada service DHCP ataupun bawaan. LAN Segment juga tidak dapat terhubung dengan Host VM.

lan segment

Sumber: Agus Sasmito H

1 Response to "Mengenal Berbagai Macam Network Adapter pada VMWare"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel