Teknologi LAN

Ethernet 802.3

Saat ini teknologi ethernet seaca de facto telah menjadi standar pada jaringan lokal (LAN). Ethernet dapat dipandang sebagai perangkat keras, protokol dan jenis network. Sebagai sebuah protokol, ethernet merupakan protokol komunikasi yang paling populer. Ethernet dibuat dengan prinsip saling berbagi media kabel dengan komputer lain dan merupakan sebuah "broadcast protocol", artinya data akan dikirim ke semua komputer pada jaringan yang satu segmen atau satu broadcast domain.

Ethernet bekerja pada layer Data Link dan menggunakan metode CSMA/CD. Semua komputer dapat menggunakan network sepanjang media network tidak digunakan oleh komputer lain. Sebelum mengirim data, setiap komputer akan "melihat" kondisi network untuk mengetahui apakah network sudah "siap pakai". Data hanya akan dikirimkan manakala komputer pengirim tidak "melihat" data lain sedang mengalir di media network pada saat itu

Diagram yang menjelaskan asal kata ethernet (karya Robert M. Metcalfe -Tahun 1976)
Diagram yang menjelaskan asal kata Ethernet (Karya Robert M. Metcafe - tahun 1976)

Mungkin saja pada saat yang bersamaan ada komputer lain yang juga mengirimkan data. Hal ini bisa terjadi karena setiap komputer menganggap network sedang bebas (tidak digunakan). Akibatnya bisa terjadi "tabrakan data" di sepanjang media network. Kondisi semacam ini disebut collision.

Untuk mengantisipasi terjadinya collision, perangkat ethernet telah dilengkapi sensor yang disebut collision detection. Jika collision terdeteksi maka data yang colliding (tumpang tindih/tabrakan) akan diabaikan oleh semua komputer. Kemudian masing-masing komputer akan diberi kesempatan (yang waktunya ditentukan secara random) untuk mengirim ulang data.

Setiap ethernet memiliki media access control (MAC) address yang saling berbeda-beda. Panjang MAC address adalah 48 bit. Sehingga jumlah total alokai MAC address untuk seluruh dunia adalah  281.474.710.656 buat. Contoh MAC address:
00:16:d4:c9:e8:48
MAC address sepanjang ini dibagi menjadi 2 bagian, bagia sepanjang 24 bit menyatakan ID dari vendor pembuat ethernet. Kemudia 24 bit yang kedua merupakan nomor serial yang ditentukan oleh masing-masing vendor.

Bagan MAC address 
Sumber : Iwan Sofana Cisco CCNA dan Jaringan Komputer

Pada mulanya ethernet dikembangkan oleh insinyur-insinyur Digital Intel, dan Xerox (disingkat menjadi DIX). Implementasi DIX diberi nama ethernet II. Istilah ini untuk membedakannya dengan ethernet yang diimplementasikan oleh IEEE. Ethernet telah dikembangkan menjadi berbagai varian. Berikut ini disajikan tabel perbandingan beberapa implementasi ethernet.
 
berbagai jenis ethernet

Masih cukup banyak pengembangan teknologi ethernet yang belum disebutkan pada tebel. Informsi seputar ethernet dapat kita jumpai pada berbagai situs, di antaranya:
perhatikan diagram frame kedua versi ethernet (DIX dan IEEE). Berikut ini disajikan bagan yang menggambarkan frame ethernet II.

Frame DIX
Keterangan:
  • MAC header atau data link header (14 byte atau 14 oktet),
    • DA (Destination MAC Address) sepanjang 6 byte.
    • SA (Source MAC Address) sepanjang 6 byte.
    • Type (Type Ethernet) sepanjang 2 byte.
  • Dara, sepanjang 46 hingga 1500 byte.
  • FCS (frame shecksquence) atau RFC (cycle redudancy check) sepanjang 4 byte atau 4 oktet.
Bandingkan dengan frame Ethernet (rute 10/100 Mbps) versi IEEE berikut.

Frame IEEE
Keterangan:
  • Pre (preamble) sepanjang 7 byte. Pre digunakan untuk sinkronisasi. Sinyal 1 dan 0 digunakan untuk memberitahukomputer penerima bahwa frame telah datang.
  • SFD atau SOD (start-of-frame delimiter) sepanjang 1 byte. Merupakan awal dari frame squence.
  • DA (destination MAC address) sepanjang 6 byte.
  • SA (source MAC address) sepanjang 6 byte.
  • Length/Type sepanjang 2 byte. Menunjukkan jumlah byte dari data yang menggunakan field ini.
  • Data, sepanjang 46 hingga 1500.
  • FCS (frame Check Squence) sepanjang 4 byte. Digunakan untuk mengecek ukuran frame.
Komputer pengirim akan membuat frame pada layer Data Link frame akan berisi dua buah MAC address:
  • source MAC address, yaitu alamat komputer pengirim.
  • destination MAC adress, yaitu alamat komputer penerima.
Sourc MAC address hanya ada satu buah (disebut unicast address). Sedangkan destination MAC address mungkin saja salah satu dari beberapa jenis address berikut:
 
  • Unicast address, frame akan dikirim ke sebuah perangkat network atau sebuah komputer saja yang berada satu segmen dengannya.
Unicast Address
  • Multicast address, frame akan dikirim ke beberapa perangkat network atau beberapa komputer yang satu group dengannya, pad asatu segmen network.

Multicast Address
  • Broadcast address, frame akan dikirim ke seluruh perangkat network atau seluruh komputer yang berada satu segmen dengannya.
Broadcast Address

Saat mempelajari protokol TCP/IP nanti akan dijumpai juga istilah unicast, multicast, dan broadcast. Walaupun secara prinsip sama namun address yang digunakan berbeda. Ethernet menggunakan MAC address sedangkan TCP/IP menggunakan IP address logical address.

0 Response to "Teknologi LAN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel